Rabu, 11 Desember 2013

Wiranto, Dari Jenderal Ke Begawan

KETIKA itu saya baru saja kembali dari Korea Selatan,  saat pesawat landing dan hp diaktifkan, seketika  masuk beberapa SMS, salah satunya dari seorang teman yang isinya meminta  saya agar menghubungi seorang petinggi satu partai politik. Saya lalu hubungi beliau dan diminta segera  datang ke sebuah hotel bintang lima di kawasan Mega Kuningan, Jakarta pada pukul 20.00 WIB.

Kurang sepuluh menit dari pukul delapan, saya pun tiba di hotel yang dimaksud dan langsung bertemu dengan Ketua Umum Partai Hanura, Bapak Wiranto.  Pertemuan semula dijadwalkan selama sepuluh menit, kemudian malah molor menjadi sekitar satu jam setengah. Kami berdiskusi banyak hal, terutama menyangkut konstelasi politik kini serta masa depan bangsa  dan negara Indonesia. Topik diskusi pun bermacam-macam, mulai dari kondisi negara yang memprihatinkan terutama seiring dengan lemahnya penegakan hukum dan maraknya korupsi di mana-mana sampai pada cengkraman kekuasaan mafia dan konspirasi global di Indonesia

Saat itu peristiwa penembakan beberapa tahanan titipan Polda di LP Cebongan, Sleman oleh sebuah pasukan yang tak dikenal baru saja terjadi.  Suhu politik  memanas karena tidak ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas pembantaian hingga tewas beberapa orang tahanan titipan Polda di LP Cebongan itu. Di tengah-tengah ketidakpastian penanganan kasus tersebut, secara spontan Pak Wiranto mengeluarkan statement yang sangat tepat.

Dalam kesempatan sebagai pembicara ‘Kuliah Umum Kandidat Presiden 2014: Landscape Politik Indonesia” yang diselenggarakan Soegeng Sarjadi Syndicate di Garden Terrace, Four Season Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2013), Wiranto menyampaikan bahwa jika kasus penembakan di LP Cebongan diserahkan padanya, dia mampu menyelesaikan kasus tersebut hingga tuntas hanya dalam waktu sehari !

“Dalam hati saya, serahkan kepada saya, satu hari saya bongkar. Ini bukan masalah bisa atau tidak bisa tapi apakah mau atau tidak mau. Yang mudah dipersulit di negeri ini untuk mendapat keuntungan,” ujar Wiranto dengan tegas, yang langsung saja disambut dengan applaus meriah  dari seluruh peserta yang hadir dalam acara kuliah umum tersebut. Pernyataan tegas Wiranto itu tak lama kemudian disiarkan oleh berbagai media. Disadari atau tidak, pernyataan tegas Wiranto itulah menjadi pendorong utama sikap Kasad Jenderal TNI AD Pramono Edhie Wibowo untuk mengakui secara ksatria dan jujur bahwa sejumlah oknum Kopassus lah yang menjadi pelaku penembakan di LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta itu.  Selanjutnya, proses hukum pun berjalan mulus sebagai mana mestinya.

Tak terasa sudah hampir satu jam kami larut dalam diskusi serius tapi santai itu. Sekonyong-konyong  saja saya spontan bertanya kepada Wiranto mengenai rencana pencapresannya. Jawaban yang saya terima sungguh tidak terduga. “Jika ditanya keinginan saya untuk maju lagi sebagai calon presiden, sejujurnya saya katakan bahwa keinginan tersebut tidak lagi  dominan. Saya lebih banyak berkeinginan membesarkan Partai Hanura dan menularkan standar moralitas yang tinggi kepada politisi - politisi lain di luar Partai Hanura”  kata Wiranto yang partainya ketika itu baru saja dinobatkan sebagai partai terbersih.

Wiranto lalu melanjutkan penjelasannya mengenai sikapnya terkait pemilu dan pilpres 2014 mendatang yang diharapkannya tidak lagi terjadi kecurangan seperti pemilu/pilpres sebelumnya yang sangat merugikan semua parpol kecuali Partai Demokrat. “Untuk pemilu/pilpres 2014 nanti saya, Insya Allah memastikan tidak akan bisa terjadi kecurangan lagi. Terlalu besar risikonya bagi republik ini” tegas Wiranto.

Mengenai siapa yang tepat jadi presiden Indonesia mendatang, Wiranto menyerahkan sepenuhnya pada kehendak rakyat pemilih. “Meski demikian, jika ternyata terpilih figur presiden yang dapat membahayakan keutuhan bangsa dan negara, saya pasti terpanggil untuk bertindak demi menyelamatkan rakyat dan NKRI”

Tidak terasa pembicaran kami sudah berlangsung sekitar satu setengah jam. Saya merasa terhormat diberi kesempatan berdiskusi bersama Wiranto yang terkenal dengan ketegasan, loyalitas, kematangan pikiran dan tindakannya. Wiranto juga seorang tokoh yang anti KKN. Sejak menjadi perwira tinggi TNI, Pangkostrad, Kasad, Panglima TNI, Menhankam sampai dengan Menko Polhukam, tidak ada setitik pun noda KKN mengotori karirnya yang cemerlang. Di Partai Hanura sendiri, tidak ada satu pun keluarga atau kerabatnya yang jadi pengurus partai. Wiranto mengajarkan keteladanan anti KKN,  satu kata dengan perbuatan. Konsisten dan konsekwen.

Ketika publik ramai membahas deklarasi pencapresan Wiranto dan Hary Tanoe sebagai pasangan cawapresnya, berbagai analisa muncul ke publik. Silahkan saja kata beliau. Namun, yang pasti deklarasi capres dan cawapres Partai Hanura itu mencatat sejarah baru dan tradisi demokrasi Indonesia yang lebih matang.

Pertama,  itu adalah deklarasi  pasangan capres/cawapres  pertama di Republik Indonesia yang diumumkan jauh-jauh hari sebelum pemilu dilaksanakan. Menunjukan kepercayaan diri dan tekad yang kuat dan bulat dari sebuah partai politik sehingga berani untuk mengusung kadernya sendiri.

Kedua, penetapan Hary Tanoe sebagai cawapres merupakan terobosan sejarah dan tradisi politik bangsa ini dimana dalam tataran realitas sudah menerima dan mengakui WNI keturunan tionghoa sebagai bagian integral yang setara dan sederajat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketiga, deklarasi itu menunjukan sikap tegas dan keberanian mengambil keputusan yang cepat dan tepat dari seorang Wiranto, sekaligus inisiatif yang briliant sebagai pionir membangun dan mengembangkan kehidupan demokrasi yang sehat di Indonesia.

Berdiskusi dengan Pak Wiranto sungguh mengasyikan, menghanyutkan seperti kita berdialog dengan hati nurani dan pikiran kita sendiri.  Tutur katanya lembut namun tegas. Mudah dimengerti karena lugas dan bernas. Tidak bersayap dan bermakna ganda. Tidak ada hidden agenda. Jujur dan apa adanya. Kata demi kata mengalir lembut namun penuh makna. Tidak terkesan sedikit pun sosok seorang politisi. Di mata saya, beliau lebih seperti seorang resi atau begawan. Sekian.-

1 komentar:

  1. TOGEL KLIK4D bersama B O L A V I T A

    Memiliki Pasaran Paling Terkenal >> Singapore - Kuala Lumpur - Hongkong << Dengan Diskon Terbesar Dan Minimal Deposit Hanya 50rb dengan Support Semua Bank Indonesia

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !

    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    BalasHapus